9 Mei 2013

Tips Melindungi Perangkat Android Dari Virus

Saat ini serangan virus dan malware tidak hanya menyerang komputer, bahkan sudah mulai menyerang perangkat android. OS android adalah open source sehingga setiap orang dapat membuat aplikasi virus untuk membahayakan perangkat android sobat. Apalagi jika sobat mengunduh aplikasi dari situs yang berbahaya. Untuk itu harus selalu berhati-hati dengan tidak mengunduh aplikasi dari sembarang situs. Berikut adalah beberapa tips melindungi perangkat android dari virus:


Proteksi Password
Sobat dapat mengatur password pada perangkat android anda karena itu adalah proses keamanan paling penting. Anda dapat mengatur auto-lock perangkat anda pada periode waktu tertentu dan tidak perlu aplikasi apapun untuk mengunci otomatis android sobat sehingga sulit untuk dibobol.



Jangan Unduh Aplikasi

Ada sejumlah aplikasi yang dapat diunduh pada perangkat android. Mengunduh dan menggunakan aplikasi dari sumber yang tidak aman dapat berbahaya bagi OS perangkat android sobat. Oleh karena itu, jangan unduh aplikasi tanpa alasan apapun dan sobat harus tahu tentang aplikasi yang sobat unduh. Jika ada aplikasi yang tampak meragukan jangan sekali-kali mengunduhnya, karena bisa saja mengandung mallware.

Coba lihat pada bagian komentar

Setiap aplikasi memiliki komentar dari pengguna, sehingga sobat dapat mengetahui bagaimanakah keadaan suatu aplikasi, baik atau buruknya. Perlu diketahui juga, mungkin saja ada komentar palsu yang sengaja dibuat, untuk itu sobat harus benar-benar berhati-hati dan teliti dalam membaca komentar.

Regular Update

Android merilis banyak pembaruan secara regular, pembaruan ini memiliki patch keamanan penting bagi perangkat android sobat. Periksa secara teratur update terbaru untuk mendapatkan fitur keamanan terbaik

Gunakan Antivirus

Sobat juga dapat menginstal antivirus pada android sobat untuk mendapatkan keamanan yang lebih baik. Banyak aplikasi antivirus yang tersedia di internet seperti Smobile Systems Security Shield, Wavesecure, dan AVG Android Antivirus. Antivirus ini dapat memindai seluruh perangkat anda, SMS, kartu memori, email dan isi web. 

tenks to: wisnuwidhiw.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar